Pabrik Tas Bandung

PT. Adipura Mandiri Indotama

Souvenir Nikah

Souvenir Nikah

Mempersiapkan pesta pernikahan memerlukan persiapan terkoordinir dan sistematis. Salah satu hal yang sepele namun penting adalah mempersiapkan souvenir nikah untuk dibagikan pada hari istimewa tersebut. Souvenir tidaklah selalu identik dengan harga mahal. Suvenir dengan harga murah namun unik akan mendapatkan penghargaan dari penerima suvenir tersebut.

Di zaman serba sulit seperti sekarang ini, harga menjadi hal yang pertama kali dipertimbangkan. Satu hal perlu diingat adalah murah bukan berarti murahan. Memilih pernak-pernik pernikahan dengan harga murah sangatlah gampang, tetapi harga murah dan unik memerlukan pencarian dengan teliti.

Souvenir Pernikahan Murah dan Unik : Memahami Hakikat/Esensi Souvenir

Umumnya yang sering terjadi pada resepsi pernikahan, seperti proses acara berjalan tidak seperti diharapkan adalah kurangnya persiapan matang. Persiapan pernikahan biasanya meliputi baju pernikahan, tempat resepsi, katering, undangan, hingga souvenir nikah. Terkadang souvenir pernikahan tidak mendapatkan prioritas penting. Souvenir nikah dianggap sebagai pelengkap saja. Secara garis besar, souvenir untuk pernikahan merupakan cinderamata bagi tamu undangan. Sehingga para tamu mendapatkan pengalaman berkesan pada pernikahan tersebut.

Memilih Souvenir Nikah Dengan Harga Murah

Memilih souvenir nikah dengan harga ekonomis tetapi tetap indah dipandang (dan tidak menjadi sampah setelah sampai ke tangan tamu undangan Anda), pastikan Anda meluangkan waktu untuk memilih souvenir pernikahan dengan hati-hati dan sesuai dengan budget. Semakin mahal harga souvenir ditawarkan, maka souvenir pernikahan pun akan semakin mewah. Sebaliknya, semakin murah harga souvenir pernikahan, bentuk dari souvenir pernikahan pun takjarang menjadi kurang menarik. Beberapa ini adalah tips bagaimana memilih souvenir pernikahan murah tetapi tidak murahan.

• Kualitas

Tidak selamanya kualitas baik berharga mahal. Souvenir nikah berharga murah juga dapat berkualitas baik, asalkan Anda jeli dalam memilihnya. Pilih benda yang terlihat halus dalam pengerjaannya, tidak asal-asalan, dan tidak mudah rusak. Harga murah memang identik dengan kualitas barang dan juga tidak terlalu bagus.

Jika Anda belum mengetahui benar kualitasnya, coba tanyakan hal itu pada teman atau kolega Anda yang sudah berpengalaman dalam memilih souvenir untuk pernikahan.

Pikirkan jika Anda menjadi tamu undangan tersebut. Sebelum berangkat mungkin terpikir mendapatkan souvenir nikah dengan berkualitas bagus bukan? Jadi, pilihlah barang berkualitas baik dan harga ekonomis jika memungkinkan.

• Memilih

Harga murah bukan berarti Anda harus menerima souvenir apa saja yang ditawarkan. Selain anda berkewajiban membayar pesanan, anda juga mempunyai hak memilih souvenir nikah sesuai dengan harapan anda. Jika souvenir yang dicari tidak sesuai dengan budget juga keinginan, alangkah baiknya mencoba mencari ditempat lain. Jangan menyerah untuk berburu suvenir pernikahan murah berkualitas. Tawarlah jika souvenir tersebut mempunyai harga yang tidak masuk akal!

• Kegunaan Souvenir Untuk Tamu Undangan

Umumnya souvenir pernikahan diberikan hanya akan berakhir sebagai cinderamata saja, tanpa dipikirkan kegunaannya. Anda dapat memilih souvenir nikah dimana memiliki fungsi bagi tamu agar berdaya guna. Sehingga bisa saja ketika mereka memakainya akan mengingat momen pernikahan Anda. Misalnya kalender mini, gunting kuku mini, pembuka botol, gantungan kunci, tempat lilin, lilin gelas, dan sebagainya.

• Cara Membuat Souvenir Pernikahan Murah Sendiri

Jika hari-H masih jauh, tidak ada salahnya membuat souvenir pernikahan sendiri untuk meninggalkan perasaan lebih berkesan pada tamu undangan anda. Berikut beberapa souvenir nikah kreasi sendiri dan unik

1. Pembatas Buku dari Kertas Berwarna

Gunakan selembar kertas berwarna untuk dijadikan beberapa bentuk pembatas buku unik. Gambar tersebut dibuat di atas kertas, lalu dipotong sesuai dengan sketsa. Setelah itu, tempelkan kata-kata mutiara yang sudah diketik dengan menggunakan kertas warna. Gunakan ukuran sesuai untuk pembatas buku. Ukuran pembatas berbeda-beda, pembatas untuk buku berbeda dengan pembatas koran. Setelah kertas di gunting, diberi lubang & masukkan pita berwarna, kira-kira 9-10 cm. Setelah selesai, sebelum memasukkan pita, kertas tersebut dilaminating, agar kuat dan tahan lama.

2. Gantungan kunci kain flannel

Sebagai contoh, berikut penjelasan sederhana membuat gantungan kunci kecil dengan bentuk cinta hati. Barang-barang diperlukan adalah jarum, benang, kain flanel, gantungan kunci, dan beberapa peralatan tambahan lainnya. Anda dapat membuat gantungan kunci dari bahan kain flanel sesuai bentuk yang Anda inginkan. Anda dapat membuat jumlah sesuai jumlah undangan untuk dibagikan dan kualitas bahan yang digunakan sehingga menjadi lebih hemat.

Sebelum menggunting pola dari kain, lebih baik membuat pola diatas kertas. Agar menghemat waktu, usahakan membuat pola sederhana. Buat dua buah bentuk cinta hati dari kain flanel, jahit dengan tusuk feston agar terlihat menarik dan hand made. Sisakan sedikit lubang agar dapat diisi dakron supaya cinta hati tersebut mengembang.

Setelah kain yang diisi dakron sudah cukup, jahit lubang pada kain tadi menggunakan teknik tusuk feston. Untuk terlihat lebih rapi, akhiri jahitan di posisi bagian atas cinta hati tersebut. Sisakan untuk diberi tali. Tali tersebut berguna sebagai pengait gantungan kunci. Dan tinggal dibungkus kantong plastik (transparan) untuk siap dibagikan kepada para tamu yang akan datang ke pernikahan anda.